—————————–*/

Tuesday, November 8, 2011

Imam Shalat Sunnah, Makmum Shalat Wajib

Ummat Bertanya:
Saya sudah selesai shalat dzhuhur sebagai makmum. Tetapi ketika saya shalat sunnah ba’diyah, seseorang menepuk punduk kanan yang menandakan saya harus menjadi imam dan shalat ba’diyah saya sudah berada di rakaat kedua. Bagaimanakah seharusnya? Apakah saya harus menjadi imam shalat dzhuhur atau berhenti untuk memberitahukan bahwa saya sedang melakukan shalat ba’diyah?


Islam menjawab:

Tidak mengapa jika Anda melakukan shalt sunnah rawatib ba’diyah, lalu sahabat Anda menjadi makmum, terlepas apakah Anda sedang melaksanakan shalat dzhuhur atau lainnya. Masalah ini dikenal dengan masalah “perbedaan niat dalam shalat.” Dalilnya adalah kisah dua orang yang sudah shalat subuh di kampungnya. Ketika mereka berdua masuk masjid, mereka tidak shalat. Padahal, Rasulullah saw sedang shalat bersama para sahabatnya. Setelah shalat, Rasulullah saw bertanyna kepada mereka. “Apa yang mencegah kalian berdua untuk shalat bersama kami?” Keduanya menjawab, “Kami telah shalat di tempat kami.” Rasulullah saw bersabda, “Janganlah kalian melakukan hal itu. Jika kalian berdua telah shalat di tempat kalian, lalu kalian mendapatkan imam dan ia belum shalat, maka shalatlah bersamanya. Karena hal itu sunnah bagi kamu.” (HR Ahmad dan lainnya, dan disihahkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban).


Dalam riwayat lain dikisahkan, Muadz bin Jabal pernah melakukan shalat berjamaah bersama Rasulullah saw. Setelah itu, ia pulang untuk mengimami kaumnya. Bagi kaumnya, shalat tersebut wajib. Sedangkan bagi Muadz, hukumnya sunnah (HR Nasai). Wallahu a’lam.





3 comments:

  1. waduh,..
    terimakasih ats ilmu nya ternyata selama ini saya salah, saya malah menyelesaikan solat sunah, dan makmum mengulang lagi solat nya,..

    bermanfaat sekali ilmu nya,..trm..

    ReplyDelete
  2. assalamua'alaikum ustadz..
    syuqron katsiron menambah ilmu..ana jg pernah ngalamin nih.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas ilmunya, semoga kita bisa diberi petunjuk selalu

    ReplyDelete